Monday, February 15, 2010

Sup Merah



Sup merah... sup tomat.. sup jadoel yang sampe sekarang masih aja beken. Sup yang paling ngga ngebosenin. Sup yang bikin keinget ama family. Yah sup merah ini. Isinya sih bisa di campur-campur semua. Basically ada sosis, wortel, kacang polong, macaroni. Sometimes ada bola bola udang kecil kecil juga atau potongan lidah asin.

Berhubung ngga ada lidah asin dan aku nya males bikin bola-bola udangnya. Jadi ya isinya apa adanya kali ini.

Resep sup merah:

-Irisan Bawang putih
-Irisan Bawang merah
-Ayam (yang ada tulangnya)
-Sosis/Spam (kali ini aku pake Spam yang bacon)
-Wortel
-Mushroom
-Corn
-Macaroni
-Kacang polong (aku tuh paling ngga suka kacang polong. Berhubung buat di photo cantik ya aku masukin kali ini hauahhaha... biar ada ijo ijo nya)
-Tomat kalengan (yg good quality yah). Blender. Saring.
-Daun Celery (kalo di indo bisa pake batangnya. Disini celery nya rada-rada lain)
-Garem
-Black Pepper
-Gula
-Pala
-Tepung Maizena. Larutin dengan air sedikit dulu (optional)

1. Rebus Ayam, angkat, sisihkan kaldunya
2. Potong ayam rebus & spam nya kotak kotak
3. Tumis bawang-bawang sampai harum, masukin potongan ayam & spam tumis sampai harum.
4. Masukan tumisan ini ke kaldu lagi
5. Masukin potongan wortel, perasan tomat, jagung, daun celery. Kasi bumbu-bumbunya
6. Kalo sudah mulai matang, baru masukin jamur (soalnya gampang masak. Kalo benyek kan ngga enak),kacang polong & macaroni.
7. Kasi larutan tepung maizena. Aduk sampai lebih mengental. Sebetulnya nih instead pake tepung maizena, pake air bekas merebus pasta juga bisa. Ngentelin juga kok.

Nah kalo aku nih, penggemar makanan asem-asem, at the end, aku ngasi percikan jeruk lemon sedikit ke sup merah ini. Hasilnya? hmmm! nendang banget! Enjoy!


No comments: