Sunday, February 7, 2010

Berkebun..

Akhir-akhir ini cuaca di Sydney kacau balau. Sebentar panas, sebentar ujan, sebentar angin..

Kemaren waktu sekeluarga dateng, aku tuh di beliin ama mama pohon nya kaffir lime (jeruk purut). Masi baby sih tanemannya. Tapi wangi daunnya... hmmmmmmmm..... sudah dari dulu pengen punya ini taneman. Tau sendiri deh kalo sama si Denny mo ke mana-mana susah banget. Apalagi kalo tau aku niat mo beli taneman.. huh..abisnya aku tuh ngga ber'tangan hijau' eh apa yah istilahnya.. pokoknya aku tuh ngga berbakat dalam soal perkebunan2 gitu. Dulu sempet nanem cabe rawit. Selama summer numbuh sih.. tapi begitu winter mati blek.. dah gitu sempet beli pot kecil kemangi indo, dapet dari thai grocery gitu. Udah numbuh gemuk.. ee pas ditinggal ke indo kok mati... padahal dah dititipin ke kantor...

Ya udah jadinya kali ini aku ada 2 taneman di rumah. 1 pot kecil taneman Basil yang satunya ya pohon kaffir lime yang masih baby.

Ngeliat cuaca di Sydney kacau balau gini jadi takut juga kasian ama nih taneman apa bisa tumbuh gitu... hampir tiap hari aku kasi mereka air bekas cuci beras.



Thank God, 2 taneman ini bertahan. Basil nya sih sempet mati idup gitu hahahhaa... tapi so far masi bertahan. Pikir-pikir mau ganti ke pot yang lebih besar aja. Kasian. Sama ama kaffir lime nya. Daunnya mulai numbuh2 terus. Tapi masi belon berbuah sih. Moga-moga soon deh yah... dah kayanya juga harus di ganti ke pot lebih gede soalnya dah numbuh juga.



Aku tuh paling males kalo soal berkebun gitu. Salah satunya napa sampe skrg tuh aku masih tinggal di apartment. Males ngurusnya. Apalagi kalo disini... ngurus sendiri. Bayar tukang kebon kan mahal... lagian di apartment aku tuh ada tamannya sih. So.. kalo stress2 tinggal turun ke bawah hahahahhaha.....

Yang paling demen berkebun tuh kalo di keluarga aku ya buyut aku (maminya oma). Dulu tuh dia suka tiap pagi & sore berjemur di tamannya. Sambil ngajak ngobrol taneman & pembantu-pembantu di sana. Banyak yang bilang kalo taneman itu emang kalo diajak ngobrol bisa ngebantu mereka untuk tumbuh. Kok bisa ya? percaya ngga percaya, taneman buyut aku tuh subur banget memangnya jadinya. Padahal rumah-rumah kita yang disekitarnya ngga sesubur tanemannya dia.

Ini photo buyut aku ama si Kath.

Napa kok skrg mulai melihara taneman? soalnya kalo tanemannya bisa dipake untuk masak kan lumayan? bayangin kaya basil tuh 1 iket nya ampir $2. Di pake nya paling beberapa lembar aja. Kan sayang tuhhh! Belon lagi kaffir lime. Daonnya aja harganya $24/kg jadi kurang lebih 10 lembar yah $1.50 an lah.. belon lagi buah nya...1 biji kurang lebih $1...

Itu doank sih napa aku nyoba melihara taneman. Moga-moga aja ini taneman tahan deh.

No comments: