Thursday, February 18, 2010

Ayam Bakar Santan


Ini resep baru aja dapet dari MIL lagi kemaren. Gara-garanya si Denny abis nelpon pas CNY trus denger-denger sodara-sodaranya di Bandung pada makan enak jadinya suamiku ini kepingin juga. Untuk kali ini maap ya kalo ngga bisa bagi resepnya since ini resep rahasia keluarga.

Jadilah bikin ini ayam bakar santan ala mami mertua. Seperti resep-resep asli Indonesia, bumbu-bumbunya juga banyak. Instead di blender yang mestinya bikin gampang tapi taste nya bleh... ya harus di uleq deh. So... aku tuh nyampe rumah sekitar 6.30pm. Makan sisa sup merah kemaren buat dinner. Terus cabut ke Coles Supermarket di bawah apartment. Belanja whole chicken, serai, etc etc...

Nyampe rumah lagi udah ampir jam 8pm. Mulai nguleq-in bahan-bahan bumbunya. Dah lama ngga nguleq ternyata pegel juga ini tangan.. salut deh sama mbok-mbok di indo yang kerjanya nguleq tiap hari. Udah gitu masi bikin santan lagi... santan asli lho bukan kalengan. Soalnya kalo kalengan kurang mantap.

Udah deh ini hari pertama. Selesai-selesai sih (ama bersi-bersi dapur soalnya aku ngga suka kalo masuk dapur kotor) ampir jam 10 malem.

Besoknya again setelah pulang kerja, baru deh aku nge bakar ayamnya dulu. Baru udah 1/2 mateng, di masukin ke bumbunya. Masak sampai santen nyerep.

Turned out with all the hassle, it's so deliciously worthed! ayamnya juicy banget & rasanya sluuurrpp... enak sekali.




No comments: