Tuesday, August 9, 2011

Nasi Goreng Hijau

Harga cabe merah di ozzy lagi mahal banget gara-gara winter dan kejadian Queensland. Kurang lebih harganya jadi hampir $15/kg nya kalo beli di supermarket. Hmmm... Padahal cabe merah itu salah satu main ingridients di menu-menu masakan indonesia yah. Akhirnya ngambil option cabe ijo aja deh. Lebih murah meskipun ngga terlalu pedes kaya sepupunya hehehehe....

Untuk kali ini ini, nyobain bikin nasi goreng hijau dengan teri goreng. Udah disiapin bikin extra nasi kemaren malem (nasi untuk di goreng lebih baik menggunakan nasi yang sudah di masak sehari sebelum dan di dinginkan. Biar hasilnya nasi ngga lembek sewaktu diaduk-aduk dengan bumbu halus).



Selagi nyiapin bahan-bahan, si Denny ikutan exciting deh. Belum pernah makan nasi goreng hijau juga. Jadi selagi ngulek bawang dan cabe, meskipun nangis-nangis kena bawang, dibelain deh ama dia hahahaha.... asyiknya punya suami yang pinter ngulek. Sejujurnya yang ngajarin diriku biar bisa ngulek tuh si Denny. Malu-maluin yah? Dulu menurutku daripada capek ngulek udah di blender aja.

Dulu menurut aku (cari alesan biar ngga ngulek) rasanya sama aja deh diulek ama di blender.

Untung suamiku keukeuh minta di ulek kalo bumbu halus dan apalagi sambel! ternyata setelah beberapa kali ngulek dan masak dari hasil ngulek, ternyata bener juga kalo di ulek tuh lebih enak.

Entah kenapa ya? tebakanku sih kayanya kalo di blender, jadi lebih berair dan hambar yah?

Anyway thanks to suamiku, sekarang aku dah bisa ngulek meskipun pertamanya kalo ngga ulekannya lari kemana-mana, bahannya yang muncrat kemana-mana.



Resep Nasi Goreng Hijau


Bahan:

4 piring nasi
100gr Teri
minyak goreng
1½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
½ sdt gula



Bumbu Halus:

3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
10 cabai hijau
1sdm terasi matang


Cara Membuat:

  1. Goreng teri sampai matang dan renyah. Sisihkan
  2. Sisakan minyak bekas menggoreng teri sedikit di wajan untuk menumis bumbu halus
  3. Tumis bumbu halus sampai matang dan wangi
  4. Masukan nasi, garam, merica, gula. Aduk rata. Angkat.
  5. Sajikan nasi goreng dengan teri goreng.






2 comments:

misscloud said...

LOL....inget2 waktu SMA, ga nyangka skrg hobi masak ^^

Jessica Maureen said...

Udah dari smp nulis buku resepnya. Masi ada sampe sekarang. Bukunya masi disampul kertas coklat...yikes... Thanks 4 visiting