Saturday, January 31, 2009

Salt & Pepper Squid

Kemaren seperti biasa si Denny pegi mancing ama group mancingnya. Pulang-pulang dapet squid 4 ekor. Lumayan gede-gede sih. Kira-kira sejengkal lebih kalo di ukur bagian badannya. Yum! aku tuh lebih demen kalo si Denny bisa dapetin squid/calamari daripada ikan hehehehehe... lebih asyik makannya. Cuman cholesterol nya bok kalo sering-sering makan... dari dulu tuh ya aku pengen bisa nangkep squid sendiri kalo ikutan mancing. Cuman pada dasar ngga sabaran jadi ngga demen mancingnya heheheheeh.... maunya udah di tangkepin, di bersiin dan di masakin kalo bisa... *nglunjak*



Anyway, squid yang baru ditangkep itu enaaaaak banget dagingnya! dagingnya bisa empuuuk banget & ngga amis. Lain deh ama beli yang dipasar-pasar. Apalagi kalo warnanya sudah ungu-ungu tua begitu. Jangan dibeli deh. Kalau bisa cari yang disekitar matanya masi ada warna hijau-hijaunya sedikit & kulitnya nggak ungu banget & tentacles nya masi lengket-lengket. Itu pertanda masih baru. Photo diatas gambar nya cumi-cumi yang baru aja dipancing.

Resep ini aku ambil dari chef Pete Evans cuman disini aku tambahin pakai salad rocket biar lebih segar makannya untuk ngimbangin makan gorengannya juga. Kalo ngga ada daun rocket, bisa diganti dengan daun-daun selada yang lain. Enjoy!



Sekedar tips aja untuk masak squid nih
  1. Make sure squid nya seger
  2. Masak squid itu cuman ada 2 cara. Either masaknya cepet banget atau slow banget. Kalo setengah - setengah, pasti end up nya kaya makan karet.
  3. Kalo masaknya deep fried, make sure minyak goreng nya panas (bisa di test dengan masukin sumpit kayu di wajan. Kalau ada bubble nya berarti minyak sudah cukup panas) dan jangan masukin squid nya terlalu banyak karena temperatur minyak langsung drop.

No comments: